Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bojonegoro © 2014
Bimtek Geospasial 2018

BIMTEK SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL

Bappeda Kab. Bojonegoro sebagai SKPD yang menangani sistem Geospasial wilayah Kab. Bojonegoro  (yang selanjutnya akan kita sebut dengan SIG) beberapa hari ini telah memberikan Bimtek/Pelatihan terkait bagaimana cara menggunakan aplikasi berbasis Arc.Gis dalam mengembangkan sistem Geospasial ini, bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 5, 7 dan 8 Juni 2018 bertempat di Ruang Rapat Partnership Room Lt.IV dan di bimbing oleh Pejabat Perencana Muda Bappeda  yaitu Ibu Dwi Ratna Putri,ST sebagai orang yang paling menguasai aplikasi ini, sedangkan para peserta yang dilatih adalah karyawan-karyawati Bappeda sendiri dengan tujuan untuk lebih mengembangkan dan menmabah jumlah aparatur di Bappeda yang menguasai aplikasi ini guna mempetakan wilayah berdasarkan kebutuhan Pemerintahan.

Pada Bimtek ini peserta harus menginstal dulu aplikasi Arc. Gis dilaptop masing-masing dengan spesifikasi laptop minimal dengan RAM 2 giga,  dalam aplikasi ini ada penyajian  data dalam bentuk peta (data spasial) yang memungkinkan dilakukan analisis untuk keperluan Informasi wilayah. Beberapa manfaat SIG adalah :

  1. Menyajikan data potensi SDA dan SDM secara spasial untuk mendukung kegiatan perencanaan (data spasial)
  2. Mengolah data spasial untuk menghasilkan informasi spasial
  3. Pemantauan hasil perencanaan secara spasial

Sedang sumber data SIG bisa kita ambil dari Foto udara, Citra satelit, Peta Analog, GPS dan Survey Lapangan, dalam bimtek ini juga diajarkan bagaimana cara menggabungkan data yang ada di Mic.Excel ke dalam bentuk Peta yang ada diaplikasi serta bagaimana cara melengkapi atribut-atribut (Kompas/arah mata angin, Nama Wilayah, Jumlah frekuensi data, batas-batas wilayah, dll) yang ada di peta agar bisa dicetak sebagai peta yang lengkap .