Sosialisasi dan Bimtek Si TUAN BOJONEGORO

 

              Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDG’s) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. TPB/SDGs menjadi urgent karena merupakan komitmen global yang mengikat semua negara dan menjadi komitmen nasional dengan ditetapkannya Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

              Dalam pelaksanaan TPB/SDGs telah ditetapkan sasaran dengan 316 indikator nasional dan 168 indikator yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro sesuai kewenangan kabupaten.dan telah disinkronkan dengan RPJMD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018-2023. Saat ini telah tersusun Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2018-2019sebagaimana terlampir.Untuk Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs)  

              Dalam Pelaksanaan Rencana  Aksi Daerah tersebut diperlukan pemantauan berupa kegiatan mengamati perkembangan pelaksanaan dan mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul dan/atau akan timbul untuk dapat diambil tindakan sedini mungkin. Agar Pemantauan berjalan dengan baik, perlu dilakukan evaluasi secara reguler terhadap capaian indikator-indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sesuai dengan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 tentang Koordinasi, Perencanaan, Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

            Terkait dengan hal tersebut diatas, Bappeda sebagai koordinator pelaksanaan TPB termasuk dalam pemantauan dan evaluasi serta pelaporan TPB/SDGs mengembangkan Sistem Pemantauan Kinerja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pemantauan dengan SI TUAN BOJONEGORO (Sistem Informasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Bojonegoro).

            Untuk itu telah dilaksanakan sosialisasi dan Bimbingan teknis SI TUAN BOJONEGORO pada hari senin tanggal 15 April 2019 bertempat di ruang co creating lantai 2 Pemkab Bojonegoro. Acara ini diikuti 28 Perangkat Daerah dan Institusi yang terkait dengan pelaporan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Diharapkan sistem Informasi ini menjadi laporan terintegrasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kab. Bojonegoro dimana semua stakeholder dapat dengan mudah dan tepat waktu melaporkan pencapaian Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / SDG’s.

 

 


By Admin
Dibuat tanggal 30-04-2019
1682 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
83 %
Puas
17 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %