Bojonegoro- Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar kunjungi Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro, Jum’at 25-9-2020.

Didampingi istrinya Lilik Halim Iskandar, Menteri Halim Iskandar meresmikan wisata edukasi pejambon dari bantuan program Pilot Inkubasi Inovasi Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) dari Kementrian Desa dan PDTT

Dalam sambutanya Gus Halim –begitu akrab disapa- menyampaikan bahwa saat ini Bojonegoro menjadi salah satu prioritas untuk project pembangunan. Dan Bupati Bojonegoro telah On the track, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur sebagai prasara untuk kepentingan pembangunan ekonomi dan pemerataan. Gus Halim juga menyampaikan tentang pentingnya pemerataan dalam pembangunan ekonomi.

“pertumbuhan cepat dan biasanya mudah di lakukan tetapi pemerataan tidak terbawa oleh pertumbuhan.” Kata Menteri Halim Iskadar dihadapan Bupati Bojonegoro, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro, Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Nurul Azizah, Asisten, Kepala OPD, Camat Se Bojonegoro, Forkopimcam Sumberrejo, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan warga Desa Pejambon.

Menteri Desa PPDT Berharap selain sebagai kabupaten tanpa kemiskinan dan kelaparan supaya menjadi kabupaten yang tumbuh dan merata.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah yang hadir bersama suami Ali Dupa, menjelaskan tentang perkembangan indeks Desa Membangun  yang dicapai oleh Kabupaten Bojonegoro.  yakni dari 419 Desa, pada tahun 2019 jumlah desa yang masuk kategori Desa Mandiri 3 desa, pada tahun 2020 naik menjadi 38 Desa.  Berikutnya untuk Desa Maju pada tahun 2019 jumlahnya adalah 74 dan pada tahun 2020 naik menjadi 171 Desa. Sementara untuk desa berkembang pada tahun 2019 berjumlah 323, dan tahun 2020 berkurang 210 karena naik statusnya menjadi Desa Mandiri dan Desa Maju.

“Target kami adalah memangkas Desa Berkembang hingga 50 persen” Kata Bupati Anna

Kepala Desa Pejambon Abdul Rohman dalam laporannya mengatakan Bantuan program PIID-PEL yang di terima oleh Desa Pejambon telah digunakan untuk pengembangan ekonomi melalui Desa wisata buatan yang bertajuk Wisata Edukasi Pejambon. Beberapa wahana yang dibangun adalah museum pertanian, wahana outbound dan flying fox, wahana tengah sawah, dan pembuatan jalur motor ATV sekaligus pengadaan 5 motor ATV.

“Seluruh pekerjaan telah kami laksanakan seratus persen dan sudah kami laporkan pada sekretariat PIID-PEL Kementerian Desa sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban TPKK Desa Pejambon.” Ujarnya.

Dalam acara kunjungan tersebut, Gus Halim bersama Bupati Anna menyerahkan santunan untuk anak yatim piatu dan penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap IV dan Bantuan Keuangan Desa (BKD)

Usai acara Menteri Deda PDTT di dampingi Bupati dan Forkopimda menandatangani peresmian Edukasi Wisata Pejambon kemudian memotong pita, berkunjung ke museum pertanian dan wisata tengah sawah Desa Pejambon.

 

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro


By Admin
Dibuat tanggal 28-09-2020
61 Dilihat