Sehubungan dengan pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Persiapan Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024 – 2026, maka rapat ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 2 September 2022 bertempat di Ruang Rapat Partnership Room Lantai IV dengan dihadiri oleh perwakilan semua OPD Pemkab Bojonegoro, beberapa hal yang menjadi catatan antara lain:
Survey Kepuasan Masyarakat Bappeda Tahun 2022
Layanan untuk SKM Bappeda Tahun 2022 berupa Fasilitasi yang terkait dengan Penyusunan Dokumen Perencanaan (Renja, Renstra OPD).
Responden yang diminta untuk menilai Layanan SKM Bappeda Tahun 2022 adalah Kasubbag Prolap/ Analis Kebijakan di masing-masing OPD.
Penilaian pada area Persyaratan Layanan mengindikasikan bahwa Bappeda selaku pemberi layanan telah memberikan informasi/ keterangan terkait dokumen-dokumen yang dibutuhkan/ disiapkan untuk menyusun dokumen perencanaan, baik melalui surat resmi atau melalui medsos seperti grup WhatsApp.
Penilaian pada area Sistem, Mekanisme dan Prosedur mengindikasikan bahwa Bappeda selaku pemberi layanan telah memberikan informasi dan penjelasan tentang tata cara/ alur penyusunan dokumen perencanaan sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya.
Penilaian pada area Waktu Penyelesaian mengindikasikan bahwa Timeline/ Jadwal yang disusun Bappeda sudah sesuai dengan tahapan dalam perundang-undangan.
Penilaian pada area Tarif/Biaya mengindikasikan bahwa Bappeda tidak pernah menarik biaya atau menerima imbalan dalam bentuk apapun terhadap layanan yang diterima oleh OPD.
Penilaian pada area Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan mengindikasikan bahwa Hasil Layanan Bappeda berupa Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan pada masing-masing OPD memiliki kualitas yang baik dan benar sesuai peraturan.
Penilaian pada area Kompetensi Pelaksana mengindikasikan bahwa Bidang di Bappeda (Rendalev) telah memberikan pelayanan dengan sigap dan memberikan penjelasan serta arahan yang detail dan jelas berkaitan dengan Layanan Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan.
Penilaian pada area Perilaku Pelaksana mengindikasikan bahwa Bidang di Bappeda (Rendalev) telah memberikan pelayanan dengan ramah, sopan dan responsif berkaitan dengan Layanan Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan.
Penilaian pada area Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan mengindikasikan bahwa Bappeda telah menangani aduan, saran dan masukan dari OPD Pengguna terkait Layanan Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan dengan baik dan memadai yang mencakup tersedianya sarana pengaduan dalam bentuk grup medsos seperti grup WhatsApp serta responsif dan solutif apabila OPD Pengguna menemukan kendala dalam penyusunan dokumen perencanaannya.
Penilaian pada area Sarana dan Prasarana mengindikasikan bahwa Bappeda telah menyediakan sarana prasarana penunjang Layanan Fasilitasi Penyusunan Dokumen Perencanaan dengan baik dan memadai seperti ATK, komputer, printer, scanner, LCD, WiFi dll.
RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH:
IMPLIKASI PILKADA SERENTAK TAHUN 2024 (UU 10 Tahun 2016) Sejumlah daerah otonom tidak memiliki kepala daerah dikarenakan masa jabatan berakhir pada tahun 2022 atau tahun 2023
Sangat Puas
71 % |
Puas
14 % |
Cukup Puas
0 % |
Tidak Puas
14 % |